PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Berhutang Untuk Sedekah?



Sebelumnya sempat bingung juga tentang masalah ini. Ingin bersedekah, tetapi masih banyak menanggung hutang. Bolehkah kita bersedekah dengan menggunakan harta dari hutang. Bolehkah kita bersedekah dari hutang?

Setelah melakukan pencarian dengan berselancar di beberapa site, ada beberapa petunjuk yang bisa menjadi pedoman. Dari situs almanhaj dalam rubrik Tanya-jawab, memberikan keterangan tentang hal ini.

Disebutkan bahwa membayar hutang itu hukumnya lebih tinggi dari pada sedekah. Membayar hutang itu wajib, sedangkan sedekah itu sunnah. Sehingga lebih utama membayar hutang yang wajib dari pada bersedekah yang hukumnya sunnah.

Namun demikian para ulama berselisih pendapat akan hal ini. Sebagian mengatakan bahwa sedekah yang dilakukan disaat menanggung hutang itu dilarang. Karena tentunya hal itu akan memberatkannya, dan akan berakibat buruk terhadapnya. Tetapi sebagian yang lain menyatakan bahwa itu boleh dilakukan, namun dia termasuk menentang hal yang lebih utama.

Lantas, apakah kita tidak boleh bersedekah di saat menanggung hutang? Tentu saja masih boleh. Bersedekahlah, selama kita masih mempunyai keyakinan akan kemampuan untuk membayar hutang.

Yang jelas, mengabaikan atau dengan sengaja tidak membayar hutang adalah dosa. Karena seperti disebutkan di atas, bahwa membayar hutang adalah wajib. Tetapi ketika kita berkeyakinan bahwa Allah akan memlipatgandakan harta yang disedekahkan, maka kita tetap diperbolehkan bersedekah. Dengan catatan bahwa kita tidak mengabaikan hutang kita. Kemudian kita tetap mengupayakan untuk dpat melunasi hutang-hutang kita.
Hal ini pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Pada suatu hari seorang pria mendatangi Rasulullah yang sedang bersama-sama dengan para sahabatnya. Seorang pria itu meminta bantuan kepada Rasulullah. Kemudian Rasulullah SAW bersabda : “Saat ini aku tidak memiliki apa-apa. Akan tetapi, belilah barang kebutuhanmu atas namaku, nanti akan kubayar ketika akan mendapatkan harta.”
Mendengar ucapan beliau Saw. maka Sayyidina Umar berkata: “Duhai Rasulullah, Allah memaksakanmu untuk melakukan sesuatu ketika engkau tidak mampu”.

Rasulullah kurang senang mendengar ucapan Sayyidina Umar tersebut. Maka pada saat itu juga seorang sahabat Anshar berkata kepada beliau: “Duhai Rasulullah, berdermalah dan jangan pernah merasa khawatir, Allah yang memiliki ‘Arsy tidak akan membuatmu kekurangan.

Rasulullah pun tersenyum dan wajahnya nampak bahagia mendengar ucapan sahabat Anshar tadi. Beliau SAW kemudian berkata, “Aku memang diperintahkan untuk berbuat seperti ini.” (HR. Tirmidzi dalam kitabnya asy-Syamâ’il).

Nah, sekarang jelaslah sudah. Tak ada keraguan lagi untuk terus bersedekah dalam keadaan bagaimanapun. Niatkanlah untuk membantu sesama dan mencari keridhaan Allah semata. Wallahua’lam.

9 comments:

  1. makasih, sangat membantu saya artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama... semoga bisa membantu dan menambah pengatahuan kita...

      Delete
  2. sangat menjawab pertanyaan saya, terima kasih ya allah...
    Musallamun.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau memang dapat membantu.. semoga tulisan-tulisan disini bisa memberi tambahan pengetahuan bagi banyak orang.. aamiin...

      terima kasih sudah berkunjung..

      Delete
  3. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang Dia gunakan untuk Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di indonesia, saya adalah seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal di dalam mobil. kecelakaan dan sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki agunan dan tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    Pada hari yang penuh dedikasi ini saat saya melewati internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Rossa dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang perusahaan pinjaman ibu Rossa dan betapa benarnya pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya bahwa Benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan mengajukan aplikasi pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa rekening saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan Saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk memberi kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Ibu Rossa melalui email:
    rossastanleyloancompany@gmail.com
    viber +15186756750
    Facebook Rossa mendukung stanley
    dan Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi dan juga teman-teman saya A nnisa Barkarya via email: annisaberkarya@gmail.com

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hai semua
    Kedamaian kepada anda, saya MRS GRACE MORGAN.
    saya seorang Muslim
    Saya ingin memberitahu anda mengenai tawaran kami,
    Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata wang yang berlainan,
    Jadi bersumpah kepada ALLAH,
    Jangan sekali-kali menipu sesiapa sahaja dari Wang mereka,
    Jika anda telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu,
    Ini adalah syarikat yang betul yang akan membantu anda mendapatkan semua wang anda,
    Kami juga mempunyai orang yang benar-benar mendapat manfaat daripada syarikat itu.
    Sila hubungi Encik Maureen melalui Maureenwiwik@gmail.com,
    Dia akan memberitahu bagaimana kita meminjamkan dia 1 bilion dolar dalam tempoh kurang daripada 48 jam.
    Kami menawarkan pinjaman dengan kepentingan 1-5%.
    Kami berada di sini untuk membuat sesuatu masalah anda dari masa lalu !!
    Sila e-mel kepada kami sekaligus, kami menjamin rawatan segera
    Dalam masa 48 jam.
    Kami menawarkan jumlah pinjaman EUR 2000-900000 dan Tempoh Pembayaran
    (1-30 tahun) untuk bayaran balik.
    Hubungi: Gracemorganloancompany@gmail.com atau BMM = D8E91A28

    ReplyDelete
  6. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Saya ROMDLONI, Dari PADANG, Bahasa Indonesia, saya di sini untuk memberikan kesaksian bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN PINJAMAN GLORIA setelah saya mengajukan beberapa kali dari berbagai pemberi pinjaman yang berjanji untuk membantu tetapi mereka tidak pernah memberi saya pinjaman. Sampai seorang teman saya memperkenalkan saya kepada PERUSAHAAN Mrs. GLORIA yang berjanji untuk membantu saya dan memang dia melakukan apa yang dijanjikannya tanpa penundaan. Saya tidak pernah berpikir masih ada pemberi pinjaman yang dapat diandalkan sampai saya bertemu dengan Mrs. GLORIA'S yang memang membantu dengan pinjaman dan mengubah kepercayaan saya. Saya tidak tahu apakah Anda membutuhkan pinjaman yang asli dan mendesak, Silakan hubungi Mrs. GLORIA'S melalui Email: gloriasloancompany@gmail.com atau Layanan Pelanggan Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
      Anda juga dapat Menjangkau saya melalui email saya untuk menunjukkan lebih banyak bukti pinjaman saya dari perusahaan. Email: romdlonir@gmail.com {SAYA INGIN KAMU SEMUA TEMAN & KELUARGA TERBAIK}

    ReplyDelete