PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Dosa Adalah Penghalang Datangnya Rezeki


Jika kita siap menjadi pengusaha, itu berarti kita harus siap hidup bersih. Bersihkan diri dari dosa-dosa, karena dosa  akan menjadi penghalang rezeki. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seseorang terjauh dari rezeki disebabkan oleh perbuatan dosanya.” (HR Ahmad).

Dosa bisa dikelompokkan dalam tiga bentuk. Pertama adalah dosa kepada Allah. Kedua adalah dosa kepada manusia. Ketiga adalah dosa kepada alam.

Dosa kepada Allah bisa dilihat dari ibadah wajib dan ibadah sunnah yang sering kita lalaikan. Jika kita ingin menjadi pengusaha, maka bersegeralah untuk membenahi ibadah wajib dan sunnah. “Paksakan” diri untuk
melakukan dan menaatinnya. Tegakkan ibadah yang wajib, hidupkan sunnah, serta perbanyak istighfar, mintalah ampunan kepada Allah Yang Maha Pengampun.

Dosa kepada manusia terkait dengan hubungan interaksi kita dengan orang tua, keluarga, teman, dan masyarakat. Waspadai janji yang tidak tertunaikan, amanah yang terabaikan, serta silaturrahim yang menyakiti. Setiap janji dan amanah adalah hutang yang akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT, maka hati-hati atas kelalaian yang kita perbuat. Tunaikan janji, laksanakan amanah, dan perbaiki hubungan silaturrahim.

Dosa kepada alam adalah saat kita menghancurkan alam demi membangun usaha kita. Jadilah pengusaha yang tidak merusak alam, maka alam pun akan berdzikir dan mendoakan kita. Maka, cek urusan kita dengan Allah, dengan manusia dan dengan alam. Jangan sampai kita menyakiti salah satunya, sehingga rezeki kita akan terhalang.

Bila dosa menyumbat aliran rezeki, maka tobat akan membukanya. Andai kita simak, doa minta hujan isinya adalah permintaan tobat, doa Nabi Yunus saat berada dalam perut ikan adalah permintaan tobat, demikian pula doa memohon anak dan Lailatul Qadar adalah tobat. Karena itu, bila rezeki terasa seret, perbanyaklah tobat, dengan hati, ucapan dan perbuatan kita.


Dari berbagai sumber.

2 comments:

  1. saya kira saat ini saya seret rezeki karena saya punya dosa.
    makanya rezeki itu bagi saya perasaan sangat susah,
    mungkin itulah biang permasalahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja begitu, dan jika kesadaran itu sudah ada, maka saatnya untuk memulai amalan-amalan kebaikan untuk terus membuka pintu-pintu rezeki. dan semoga semua akan mendapat keberkahan...

      Delete