PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Sujud Sahwi


Diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu Anhu :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَامَ يُصَلِّي جَاءَ الشَّيْطَانُ فَلَبَسَ عَلَيْهِ، حَتَّى لاَ يَدْرِيَ كَمْ صَلَّى. فَإِذَا وَجَدَ ذَلِكَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ.

Dari Abu Hurairah ra: Bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wassalam bersabda: Sesungguhnya bila seseorang dari kalian berdiri mengerjakan shalat, setan akan datang mengecohnya sehingga ia tidak menyadari berapa rakaat shalat yang sudah dia laksanakan. Oleh karena itu bila seorang dari kalian mengalami peristiwa itu hendaklah dia sujud dua kali dalam posisi duduk.

Sahih al-Bukhori:1156

Pesan :
Setan selalu mencoba mengganggu dan mengecoh manusia agar ibadahnya tidak sempurna. Jika anda lupa berapa rakaat yang sudah anda lakukan, maka asumsikan jumlah rakaat terkecil yang anda ingat, misalnya anda sedang shalat isya, tiba-tiba anda ragu apakah sekarang rakaat ketiga atau keempat, maka hendaklah anda menganggap bahwa anda sedang rakaat ketiga, kemudian lanjutkan shalat seperti biasa. Lalu sebelum anda salam, kerjakanlah sujud sahwi.

Demikian kutipan one day one hadist hari ini, semoga bisa memberi tambahan ilmu dan pemahaman kita dalam menjalankan ajaran Islam.

Wallahu A'lam Bishawab

No comments:

Post a Comment