PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Merubah Takdir


Suatu hari, Nabi Ibrahim sedang berbincang dengan salah satu muridnya. Keduanya terlihat tampak begitu bahagia dari wajah-wajah mereka. Selepas keduanya berpisah, malaikat maut mendatangi nabi Ibrahim A.S, lalu bertanya :

“Siapa anak muda yang tadi mendatangimu wahai Ibrahim ?”
“Itu tadi sahabatku, sekaligus muridku”, jawab Nabi Ibrahim.

“Ada apa dia datang menemuimu?” Tanya malaikat maut kembali.

“Dia menyampaikan bahwa dia akan menikah besok pagi” ungkap Nabi Ibrahim.

“Wahai ibrahim, sayang sekali, umur anak itu tidak akan sampai besok pagi” Malaikat Maut menyampaikan tentang kematian pemuda itu.
Habis berkata seperti itu, malaikat maut pun pergi meninggalkan nabi Ibrahim.

Hampir saja nabi Ibrahim A.S tergerak untuk memberitahu anak muda tersebut, guna menyegerakan pernikahannya malam itu juga, dan memberitahu tentang kematiannya. Tetapi langkahnya terhenti.  Nabi Ibrahim A.S memilih kematian tetap menjadi rahasia Allah.

Esok paginya, nabi Ibrahim A.S ternyata melihat dan menyaksikan anak muda tersebut melangsungkan pernikahannya.

Haripun berganti, minggu berganti, bulan berganti, dan tahun pun berganti tahun. Nabi Ibrahim A.S malah melihat anak muda ini panjang umurnya sehingga usianya 70 tahun.

Nabi Ibrahim A.S pun bertanya kepada malaikat maut, “Kenapa malaikat berbohong tempoh hari, Menyampaikan jika anak muda itu akan mati besok pagi, Ternyata tidak mati, bahkan umurnya panjang”.

Malaikat maut menjawab, “Dirinya memang akan mencabut nyawa anak muda tersebut, karana Allah menahannya. Dan kenapa Allah SWT menahan tanganku untuk tidak mencabut nyawa anak muda itu (dahulu)?”

“Ketahuilah wahai Ibrahim,  Bahwa di malam menjelang pernikahannya, Anak muda itu menyedekahkan separuh dari kekayaannya.” Dan inilah yang membuat Allah memutuskan untuk memanjangkan umur anak muda tersebut, Hingga engkau masih melihatnya hidup”.

Kematian memang di tangan Allah SWT, Justru itu, memajukan dan memundurkan kematian adalah hak Allah. Dan Allah memberitahu lewat kalam Rasulnya, Muhammad SAW bahwa sedekah itu bisa memanjangkan umur.

Saudaraku, marilah kita perbanyak bersedekah, meskipun dengan hal-hal yang sederhana. Dengan sesuatu hal yang kecil.

Semoga kita termasuk orang-orang yang dimudahkan dalam menyedekahkan harta kita.  Aamiin.

Wallahu A'lam Bishawab

No comments:

Post a Comment