PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Pesantren Al Firdaus Bina Kemandirian Santri


Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Yanba’ul Qur’an Al-Firdaus merupakan salah satu perguruan berbasis pesantren yang ada di Semarang. Keberadaan pesantren ini sudah cukup lama dalam keikutsertaannya turut mencerdaskan kehidupan anak-anak di sekitar Semarang. Kegiatannya adalah dengan mengumpulkan anak yatim, piatu, dhu’afa untuk diasramakan dan dididik dalam sebuah asrama berupa pesantren.

Di dalam asrama anak-anak yang masih dalam usia sekolah tersebut diberikan berbagai program pembinaan sebagaimana dalam pondok pesantren. Selain itu semua santri diwajibkan mengikuti pendidikan
formal SMP/SMA atau yang sederajat. Selama berada dalam asrama, mereka dibimbing oleh seorang kyai dan beberapa pengasuh, yaitu alumni pondok yang masih menetap di asrama.

Sampai dengan pertengahan tahun 2014 ini, pesantren Al Firdaus yang beralamat di jalan Kedungmundu dukuh Tlumpak RT 6 RW VIII Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Semarang ini masih membimbing sekitar 30 santri dari berbagai daerah di sekitar Semarang. Rata-rata mereka masih menyelesaikan sekolah setingkat SMP dan SMA atau sederajat. Selain itu, para santri juga mulai diajarkan untuk bekerja paruh waktu. Selain untuk memanfaatkan waktu mereka sepulang sekolah, hal ini juga bertujuan untuk melatih para santri agar lebih siap kerja nantinya setelah selesai sekolah.


Pesantren Al Firdaus yang diasuh oleh Kyai Sholekan ini dalam membimbing santrinya secara penuh membebaskan seluruh santri yang ada di asrama dari segala biaya. Baik untuk keperluan sekolah mereka mulai dari biaya masuk sekolah, biaya bulanan sekolah, transportasi, maupun untuk kebutuhan biaya hidup mereka selama ada di asrama. Dengan demikian, harapannya para santri dapat berkonsentrasi dengan kegiatan belajar mereka. Oleh karena itu Yayasan Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Yanba’ul Qur’an Al-Firdaus membutuhkan biaya yang cukup tinggi guna memenuhi segala kebutuhan para santri.

Sampai dengan saat ini, pihak yayasan memperoleh bantuan dari berbagai pihak guna penyelenggaraan kegiatan di pesantren. Untuk mengembangkan kegiatan sosialnya, Yayasan Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Yanba’ul Qur’an Al-Firdaus kini memiliki sekretariat di kabupaten Jepara. Tepatnya di kompleks perum Kampoeng Pelangi Kalinyamatan Jepara. Dan alhamdulillah, selain bisa menutup seluruh biaya operasional yang ada di Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Yanba’ul Qur’an Al-Firdaus Semarang, pihak Yayasan juga dapat memberikan berbagai sumbangan dan donasi kepada para fakir miskin dan dhuafa di sekitar Jepara.



No comments:

Post a Comment