PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Ucapkan Zikir Tatkala Suka dan Duka


Diriwayatkan dari Aisyah Radhiallahu Anha :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - إِذَا رَأَى مَا يُحِبُّ قَالَ  "الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ". وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ قَالَ "الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ"

Dari Aisyah, kebiasaan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam jika menyaksikan hal-hal yang beliau sukai adalah mengucapkan “Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat”. Sedangkan jika beliau menyaksikan hal-hal yang tidak menyenangkan beliau mengucapkan “Alhamdulillah ‘ala kulli hal“
[HR Ibnu Majah no 3803 dinilai hasan oleh al Albani]

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:


  1. Segala puji bagi Allah, (Dzat) Yang Paling berhak untuk diingat. Seharusnya, hanya Allah lah yang paling sering kita ingat selalu. Namun, kelemahan iman menyebabkan kita sering melupakan Allah.
  2. Nabi mengajarkan untuk memuji kepadaNya dengan kalimat yang pertama diucapkan untuk melihat hal-hal yang kita sukai, sedangkan kalimat kedua, diucapkan ketika menyaksikan hal-hal yang tidak kita sukai,
  3. Kalimat yang diucapkan untuk melihat hal-hal yang kita sukai, [Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat] Segala puji hanya milik Allah yang dengan segala nikmatnya segala kebaikan menjadi sempurna. Dan kalimat kedua diucapkan ketika kita mendapatkan sesuatu yang tidak disukai, [Alhamdulillah ala kulli hal] Segala puji hanya milik Allah atas setiap keadaan.”


Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:


  • Allah Subhana wa ala memerintahkan kepada kita untuk memuji dan memohon ampunan kepada-Nya, apabila kita peroleh kemenangan dan pertolongan.


فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

Maka ucapkanlah tasbih dengan memuji Tuhanmu dan mintalah ampun kepadaNya, sesungguhnya Dia amat menerima taubat. [QS. An-Nashr 3]


  • Sifat orang-orang mukmin yang pengorbanan jiwa dan harta benda mereka diterima Allah Shubanahu wa Ta'ala mereka mempunyai sifat-sifat yang baik dan pekerti yang agung, yaitu:


التَّائِبُونَ الْعَابِدُونَ الْحَامِدُونَ السَّائِحُونَ الرَّاكِعُونَ السَّاجِدُونَ الآمِرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّاهُونَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَالْحَافِظُونَ لِحُدُودِ اللَّهِ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

Mereka itu adalah orang-orang yang bertobat, yang beribadah, yang memuji (Allah), yang berpuasa, yang rukuk, yang sujud, yang menyuruh berbuat makruf dan mencegah berbuat mungkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu. [QS. At-taubah:112].

Demikian kutipan one day one hadist hari ini, semoga bisa memberi tambahan ilmu dan pemahaman kita dalam menjalankan ajaran Islam.

Wallahu A'lam Bishawab

No comments:

Post a Comment