PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Keutamaan Orang Yang Belajar Al Quran

Begitu mulianya orang-orang yang menghafal dan mempelajari Al Quran. Karena keutamaannya mempelajari dan menghafal Al Quran tersebut, banyak hadits yang menyampaikan tentang keutamaan para penghafal dan orang-orang yang mempelajari Al Quran. Berikut salah satu hadits yang menyampaikan tentang keutamaan penghafal Al Quran. 

عَن عَائِشَةَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَتُ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم الَماهر باِلقُرانِ مَعَ السَفَرَةَ الكِرَامِ الَبَرَرَةِ وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران (رواه البخارى ومسلم وابو داوود والترمذى وابن ماجه

Dari Aisyah r.h.a berkata bahwa Rasulullah saw.bersabda , “Orang yang ahli dalam al Quran akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca al Quran sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (Hr. bukhari, Nasa’I, Muslim, Abu Daud, Tarmidzi, dan ibnu Majah)


Maksud orang yang ahli dalam al Quran adalah orang yang hafal al Quran dan senantiasa membacanya, apalagi jika memahami arti dan maksudnya. Dan yang dimaksud ‘bersama-sama malaikat’ adalah, ia termasuk golongan yang memindahkan al Quran al-Karim dan Lauh Mahfuzh, karena ia menyampaikannya kepada orang lain melalui bacaannya. Dengan demikian, keduanya memiliki pekerjaan yang sama. Atau bisa juga berarti, ia akan bersama para malaikat pada hari Mahsyar kelak. 

Orang yang terbata-bata membaca al Quran akan memperoleh pahala dua kali; satu pahala karena bacaannya, satu lagi karena kesungguhannya mempelajari al Quran berkali-kali. Tetapi bukan berarti pahalanya melebihi pahala orang yang ahli al Quran. Orang yang ahli al Quran tentu saja memperoleh derajat yang istimewa, yaitu bersama malaikat khusus. Maksud yang sebenarnya adalah, bahwa dengan bersusah payah mempelajari al Quran akan menghasikan pahala ganda. Oleh karena itu, kita jangan meninggalkan baca al Quran, walaupun mengalami kesulitan dalam membacanya.

Mulla Ali Qari rah.a. meriwayatkan dari Thabrani dan Baihaqi, “Barang siapa membaca al Quran sedangkan ia tidak hafal, maka ia akan memperoleh pahala dua kali lipat. Dan barang siapa benar-benar ingin menghafal al Quran, sedangkan ia tidak mampu, tetapi ia terus membacanya, maka Allah akan membangkitkannya pada hari Mashyar bersama para hafizh al Quran.


No comments:

Post a Comment