PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Rahasia Sunnah : Awal Siklus Pencernaan


Rasulullah SAW bersabda :
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمُ الطَّعَامَ فَلاَ يَمْسَحْ يَدَهُ حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا وَ لَا يَرْفَعَ صَحْفَةً حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا، فَإِنَّ آخِرَ الطَّعَامِ فِيْهِ بَرَكَةٌ

Apabila salah seorang diantara kamu makan makanan, janganlah dia mengelap tangannya hingga menjilatinya atau meminta orang menjilatinya. Dan janganlah dia mengangkat piringnya hingga menjilatinya atau  meminta orang untuk menjilatinya, karena pada makanan terakhir terdapat berkah. (HR. Bukhari no. 5465; Muslim no. 2031; Abu Dawud, Nasai , Ahmad dan lainnya)

 
Sebagian dari kita terkadang merasa jijik ketika makan menggunakan jari, melihat tangan belepotan makanan, bahkan tidak sedikit yang menganggap hal itu sebagai  jorok.
Tapi tahukah kita bahwa makan dengan jari itu disunnahkan oleh Nabi SAW? Pola pikir seperti di atas tidak bisa seratus persen salah masyarakat, mereka memiliki pola pikir seperti itu dikarenakan lingkungan yang membentuknya terlepas dari baik buruknya suatu pemikiran. Dan perlu kita sadari atau tidak, semua yang disunnahkan Nabi pasti itu baik untuk kita. 

Rahasia sunnah makan dengan tangan

Prof. Dr. ‘Abdul Busith Muhammad as-sayyid, menuturkan bahwa setiap suap yang masuk ke dalam mulut dapat dikunyah dan bercampur dengan air liur dengan baik sehingga kita tidak akan mengalami gangguan pencernaan.

Fakta berikutnya, makan dengan menggunakan tangan ternyata bisa lebih sehat dari pada makan menggunakan sendok. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan pada tangan kita terdapat sebuah enzim, yaitu enzim RNase yang dapat menurunkan aktifitas bakteri-bakteri pathogen yang ada pada tangan ketika kita makan. Enzim RNase adalah enzim yang dapat mendepolarisasi RNA (asam nukleat). Sehingga ketika kita menyuap makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat oleh enzim RNase yang dihasilkan oleh tangan kita. Tapi tentunya dengan catatan, tangan kita sudah dicuci terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih dan higienis.

Enzim RNase terutama dihasilkan oleh tiga jari tangan kita (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Dengan makan menggunakan tiga jari tersebut – seperti yang diajarkan Rasulullah – bakteri yang terdapat pada makanan yang masuk ke dalam system pencernaan akan diikat oleh enzim tersebut. RNA, terutama mRNA merupakan materi genetik yang mengkode suatu protein. Enzim RNase mendepolarisasi RNA mikroorganisme sehingga mikroorganisme dapat terhambat aktivitasnya. Sehingga bukan saja bakteri, tetapi juga virus, terutama virus RNA dimana RNA merupakan pertahanan pertama, dapat dihalau untuk berbuat hal-hal yang bisa merugikan tubuh kita.

Dari fakta diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa teori yang mengatakan proses pencernaan dimulai dari mulut itu keliru, akan tetapi yang benar adalah pencernaan dimulai dari tangan, sekarang keputusan berada di tangankita, memilih makan dengan sendok yang belum tentu steril dari bakteri-bakteri jahat  atau dengan tangan yang sudah pasti bermanfaat untuk tubuh, tidak hanya itu  tapi juga berpahala karena kita mengikuti sunnah Nabi SAW.
 
Sumber : Majalah Furqon, Foto : infospesial.net

No comments:

Post a Comment