PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Layanan bidang kerohanian RSI Sultan Agung Semarang

Pic. from rsisultanagung.co.id

Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang telah menjadi salah satu rumah sakit terbesar di Jawa Tengah. Selain pembangunan infrastruktur yang terus berkembang, RSI Sultang Agung juga terus melakukan inovasi dalam bidang pelayanan.  

Gedung pelayanan kesehatan baru, juga telah berdiri dan dioperasionalkan untuk berbagai layanan. Gedung setinggi delapan lantai tersebut telah dilengkapi dengan berbagi fasilitas. Gedung instalasi gawat darurat juga ICU dan ICCU, serta poli klinik yang telah melayani pasien dengan berbagai keluhan penyakit.

Seiring dengan kebijakan pemerintah dengan program BPJS Kesehatan, RSI Sultan Agung Semarang juga telah bekerja sama dan menerima pasien dengan kepesertaan BPJS Kesehatan. Selain itu, RSI Sutan Agung Semarang juga mempunyai program layanan bidang kerohanian untuk para pasien rawat inap yang menjalani perawatan di RSI Sultan Agung Semarang.

Bagi pasien rawat inap, selain pelayanan medis yang prima, pasien juga sangat membutuhkan dukungan moral untuk terus optimis dalam mejalanani perawatan medisnya. Karena, salah satu faktor yang mempengaruhi kesembuhan pasien adalah mental pasien untuk kesembuhannya.

Hal ini, disaksikan oleh penulis saat menjenguk salah satu kerabat yang menjalani perawatan di RSI Sultan Agung Semarang. Ketika itu, pasien baru saja menjalani operasi kanker payudara, dan sudah dipindahkan di ruang perawatan. 

Waktu itu kira-kira jam 11 siang, seorang pegawai yang berpenampilan rapi dengan tutur bahasa yang santun masuk dengan ke ruang perawatan. Dengan membawa data catatan medis dari ruang perawat, petugas menyapa masing-masing pasien dengan menanyakan keluhan dan riwayat penyakit yang diderita. 

Berdoa bersama - Petugas berdoa bersama pasien dan keluarga pasien untuk memohon kesembuhan pasien dari penyakitnya.

Kemudian petugas memberikan nasehat untuk setiap pasien agar bersabar dalam menjalani cobaan penyakit yang diderita. Pasien juga diberikan penguatan mental spiritual untuk mendekatkan diri kepada Allah dalam menjalani penyakitnya. Diakhir kunjungannya, petugas mengajak pasien dan keluarga pasien berdoa bersama untuk kesembuhan pasien

Layanan bidang kerohanian di sebuah rumah sakit yang diimplementasikan secara langsung kepada pasien dan keluarga pasien ini merupakan hal baru bagi pengalaman penulis. Hal ini karena dibeberapa rumah sakit besar, terutama rumah sakit pemerintah, justru kurang dirasakan secara langsung oleh pasien. 

Dengan adanya layanan bidang kerohanian seperti ini, sangat dirasakan manfaatnya baik oleh pasien maupun keluarga pasien. Semoga apa yang telah dilaksanakan oleh RSI Sultan Agung Semarang ini dapat menjadi contoh dalam upaya peningkatan layanan rumah sakit kepada pasiennya.

Wawallhua’lam bishowab.

No comments:

Post a Comment