PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Hak Allah atas hamba, dan hak mereka atas Allah




Diriwayatkan dari sahabat Mu’adz :

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَا مُعَاذُ أَتَدْرِي مَا حَقُّ اللَّهِ عَلَى الْعِبَادِ؟ قَالَ : اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ : أَنْ يَعْبُدُوهُ وَلاَ يُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا. أَتَدْرِي مَا حَقُّهُمْ عَلَيْهِ؟ قَالَ : اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ : أَنْ لاَ يُعَذِّبَهُمْ.

Dari Mu'adz ibn Jabal, dia berkata: Nabi sholallahu alaihi wassalam bersabda: Wahai Mu'adz, tahukah kamu apa hak Allah atas hamba? Ia menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Beliau bersabda: Yaitu agar mereka beribadah kepada-Nya dengan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Tahukah kamu apa hak mereka atas Allah? Dia (Mu'adz) menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang lebih lebih mengetahui. Beliau bersabda: Yaitu agar Dia tidak menyiksa mereka.

Sahih al-Bukhori:6825

Pesan :
Hak Allah atas hamba-Nya adalah seorang hamba wajib menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun. Jika seorang hamba sudah menepati hak Allah tersebut, maka Allah tidak akan mengazabnya di hari akhir kelak.

Demikian kutipan one day one hadist hari ini, semoga bisa memberi tambahan ilmu dan pemahaman kita dalam menjalankan ajaran Islam.

Wallahu A'lam Bishawab

No comments:

Post a Comment