PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Rasulullah Gemar Berjalan Kaki





“Nabi SAW memerintahkan kami agar kadang bertelanjang kaki.”
(HR. Ahmad, Abu Dawud dan An Nasa’i)

Berapa kali dalam sehari anda beraktifitas tanpa bantuan mesin, berjalan misalnya? Dalam era digital ini selalu menawarkan berbagai bentuk kecanggihan untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia setiap harinya, dari bangun tidur sampai tidur lagi, semua dengan mesin. Tak sedikitpun merasa lelah, hingga kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan segala urusan.

Sekilas serba enak memang, namun tahukah kita pada hakikatnya itu semua pada jangka waktu yang lama akan membuat tubuuh kita jadi mudah terseraang penyakit. Betapa tidak, beberapa riset membuktikan bahwa hampir semua alat elektronik dapat menimbulkan bahkan kanker karena efek radiasi yang ditimbulkan oleh mesin tersebut. Jikalau tubuh kita tidak mempunyai sistem imun (sistem kekebalan tubuh) yang kuat maka akan lebih mudah bagi kita untuk terkena penyakit. Ketika obat dan suplemen jawabannya, maka itupun tak akan membuat tubuh kita jadi lebih baik karena obat-obatan yang kita konsumsi banyak mengandung senyawa kimia yang justeru akan memperlemah pencernaan kita pada jangka waktu kedepan. Lantas bagaimana dan langkah apa yang solutif?

Kembali kea lam atau back to nature, yang maksudnya bukan kita kembali melakukan aktifitas-aktifitas orang primitive. Tetaplah beraktifitas sebagaimana biasa namun janganlah kita sampai menjadi ketergantungan dengan batang elektronik yang menyebabkan kita tidak bisa beraktifitas lantaran jauh dengan mesin.


Rasulullah Selalu Jadi Tauladan
Nabi SAW telah mencontohkan laku sehat yang sangat patut kita teladani, yang salah satunya adalah membiasakan olahraga dengan jalan kaki. Rasulullah SAW selalu berjalan kaki ke masjid, pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagianya. Dengan berjalan kaki keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan lancer. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

Hadits di atas mengisyaratkan akan pentingnya jalan kaki. Jalan kaki bisa menjadi olah raga alternatif untuk kita yang memiliki jam kerja / kesibukan yang padat. Dengan rutin jalan kaki setiap hari itu bisa mengurangi resiko tersetang penyakit jantung. Yang dimaksud di sini bukan jalan kaki biasa, tetapi jalan kaki rileks tanpa beban pikiran. Bisa kita lakukan di pagi hari sambil menghirup udara tanpa polusi. Butuh diingat polusi udara juga beresiko mengakibatkan kita terserang stroke.

Jalan kaki bisa membantu mengurangi resiko terserang penyakit jantung jika dilakukan sekitar 5-6 jam sehari. Untuk itu ada baiknya rubah kebiasaan instan kita seperti naik motor / mobil untuk tujuan yang tidak terlalu jauh. Dan ingat, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Jalan kaki diklaim dapat menyehatkan jantung, karena jalan kaki secara teratur dapat menurunkan resiko hipertensi, yaitu salah satu factor pencetus penyakit jantung. Jalan kaki juga membantu menurunkan dan mengurangi tekanan darah, jika dilakukan secara rutin.

Menurut anggota kesehatan, rutinitas berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat menurunkan resiko kematian akibat kanker. Mungkin memngapa orang banyak yang terkena kanker? Hal ini mungkin karena mereka jarang berjalan. Penelitian yag melibatkan data 150 ribu pasien dari 1982 sampai 2005 ini menemukan jalan kaki secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, juga berbagai jenins kanker. Bahkan berjalan kaki secara teratur selaama 30 menit per hari juga dapat membantu penderita kanker untuk melawan musuh terbesarnya tersebut. 

Dalam penelitian ini, para penelitia mengatakan seluruh data dan menemukan mereka yang berjalan kaki secara teratur, selama 10 tahun  kedepan memiliki resiko paling rendah terserang segala penyakit dan kondisi kesehatannya. Jadi hal ini sangat penting untuk kesehatan kita di masa yang akan datang. 

Untuk itu ubahlah pola hidup anda untuk menjadi sehat, karena tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik. Mulailah kebiasaan baik untuk berjalan kaki selama 30 menit per hari secara rutin. Hal ini akan menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit. Ubahlah hidup anda sekarang untuk menjadi lebih sehat dan berumur panjang.

diambil dari majalah Furqon

1 comment:

  1. Subhanallah..
    Manfaat dari jalan kaki memang benar-benar luar biasa untuk kesehatan tubuh..

    thanks infonya

    ReplyDelete