PPCBlogger

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Khanzab, Setan Spesialis Shalat



Shalat adalah ibadah paling menentukan posisi seorang hamba di kahirat kelak. Jika shalatnya baik, maka baiklah nilai amal yang lain, begitu pula sebaliknya. Wajar jika iblis menugaskan tentara khususnya untuk menggarap proyek ini. Ada setan spesialis yang mengganggu orang shalat, menempuh segala  cara agar shalat seorang hamba kosong dari nilai atau minimal rendah kualitasnya. Setan itu bernama ‘Khanzab’.

Utsman ra. Pernah bertanya kepada Rasulullah saw. : “Wahai Rasulullah, setan telah mengganggu shalat dan bacaanku”. Beliau bersabda :
“Itulah setan yang disebut dengan ‘Khanzab’, jika engkau merasakan kehadirannya maka bacalah ta’awudz kepada Allah dan meludah kecillah ke arah kiri tiga kali”. (HR. Ahmad)

Utsman melanjutkan : “Akupun melaksanakan wejangan Nabi tersebut dan Allah mengusir gangguan tersebut”.


Melafadzkan Niat

Sebagaimana halnya dengan wudhu , serangan pertama yang dilakukan setan kepada orang yang shalat adalah menyibukkan ia untuk melafadzkan niat. Terkadang diiringi dengan gerakan aneh, dia membaca niat lalu mengangkat tangannya, lalu gagal dan menurunkan kembali tangannya. Dia ulangi lagi seperti itu berkali-kali hingga terkadang imam sudah rukuk atau sujud, sementara ia masih dipermainkan setan dalam niat dan takbirnya.

Niat dan usaha menghadirkan hati memang dituntut ketika hendak shalat, namun tak ada tuntunan sedikitpun bagi orang yang hendak shalat untuk melafadzkan niatnya.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Zaadul Ma’ad berkata :
Nabi saw. memulai shalatnya dengan bacaan ‘Allahu Akbar’, dari Nabi saw. beliau tidak membaca apapun sebelumnya dantidak melafadzkan niatnya sama sekali. Beliau tidak mengatakan : ushalli…, ‘aku niat shalat anu karena Allah menghadap kiblat empat rekaat sebagia imam (sebagai makmum) …’. Tidak pula beliau mengatakan ‘ada’an’ atau ‘qadhaan’, atau ‘fardhan’ dan sebagainya. Semua itu tidak ada yang disebutkan dalam sedikitpun dalam hadits yang shahih atau dhaif, tidak pula terdapat dalam musnad atau mursal, walau hanya satu kalimat saja. Bahkan para sahabat pun tidak ada yang mengerjakannya, tidak ada tabi’in yang menganggapnya baik, begitupun dengan empat madzhab.

Orang-orang yang membacanya keliru memahami perkataan imam Syafi’i yang berbunyi : ‘Shalat itu tidak sebagaimana shaum, tidak ada orang yang memulai shalat kecuali dengan dzikir’. Mereka menyangka bahwa yang dimaksud beliau adalah melafadzkan niat, padahal yang dimaksud tidak lain hanyalah takbiratul ihram”.

Ingat Ini, Ingat Itu

Serangan kedua, setan akan mendatangi orang yang tengah mengerjakan shalat untuk mnegingatkan urusan di luar shalat. Maka berapa banyak orang yang jasadnya mengerjakan shalat namun hatinya sibuk menghitung laba rugi perniagaan, mengingat barang yang telah hilang, atau bahkan urusan kebaikan yang tidak ada hubungannya dengan shalat. Tidak heran jika usai shalat seseorang menjadi ingat letak barang yang mana iatelah lupa sebelumnya. Setan rela membantu orang itu untuk mengingatkan dan menemukan barangnya kembali, asalkan shalat yang dikerjakan menjadi rusak dan tidak bermutu. Pernah di zaman salaf seseorang kehilangan barang, seseorang menyarankan agar ia mengerjakan shalat dan diapun segera melaksanakan shalat. Ajaib, usai shalat tiba-tiba ia langsung beranjak dari tempatnya dan mengambil barang yang telah ia ingat letaknya ketika shlaat. Diapun ditanya : “Apa yang anda dapatkan ketika shalat?” dia menjawab : “Aku mendapatkan bahwa setan mencuri perhatian saya dari shalat”.

Ada yang terlalu asyik dengan khayalan dan pikirannya tentang urusan di luar shalat, hingga dia lupa sudah berapa rekaat yang telah dia kerjakan. Nabi saw. bersabda :

“Jika adzan untuk shalat dikumandangkan, setan akan lari terbirit-birit sambil mengeluarkan bunyi kentutnya sehingga tidak mendengar adzan. Jika adzan telah usai diapun akan kembali menggoda. Ketika iqamah setan akan mendatangi  orang yang shalat lalu membisikkan ke hati seseorang sembari berkata : ‘Ingat ini… ingat itu…’ setan mengingatkan apa-apa yang telah dia lupakan sehingga seseorang tidak mengetahui berapa rekaat yang telah dia kerjakan”. (HR. Bukhari)

Ragu Antara Kentut dan Tidak

Ada kalanya muncul dalam benak seseorang keraguan, apakah dia kentut atau tidak. Ini adalah keraguan yang dihembuskan oleh setan untuk mengacaukan shalat seseorang. Dia tidak lagi konsentrasi dengan shalatnya karena ragu, atau dia akan membatalkan shalatnya, lalu dia berwudhu dan memulai lagi shalatnya lagi, lalu dia akan digoda lagi dengan cara yang sama. Sehingga untuk satu shalat dia bias mengulangi tiga sampai empat kali berwudhu. Bisa dibayangkan seandainya ada lima orang saja dalam satu masjid niscaya cukup mengacaukan jamaah yang lain.

Untuk menangkal godaan tersebut Nabi memberikan solusi dan informasi sebagai berikut :

“Jika salah seorang diantara kalian mendapatkan yang demikian itu maka janganlah membatalkan shalatnya hingga dia mendengar suaranya dan mencium baunya tanpa ragu”. (HR. Ahmad)

Diantara ulama ada yang menyebutkan bahwa hadist ini merupakan salah satu pengecualian dari hadist da’ ma yariibuka ilaa ma laa yariibuka, tinggalkan apa yang meragukan. Dalam kasus ini kita dilarang membatalkan shalat kendati berada dalam keraguan antara kentut dan tidak, kecuali jika mencium bau kentut atau mendengar suaranya.

Mencuri Perhatian

Kita juga sering melihat atau bahkan mengalami sendiri menengok ketika shalat terkadang tanpa terasa karena terbiasa. Ini juga taklepas dari serangan setan yang ingin merusak shalat kita. Nabi ditanya tentang orang yang menoleh ke kanan dank e kiri, Beliau menjawab :

“Itu adalah setan yang mencuri perhatian seorang hamba dari shalatnya”. (HR. Bukhari dan Abu Dawud)

Untuk menangkal serangan ini, hendaknya seseorang yang shalat berusaha menghadirkan hatinya, bahwa dia tengah berhadapan dengan Allah Yang Maha Berkuasa atas segalanya. Jika anda malu atau takut menoleh ke kanan dank e kiri ketika berbicara kepada pejabat, lantas bagaimana halnya jika Anda sedang berkomunikasi dengan sang pencipta dan penguasa para pejabat itu?

Sumber : Majalan Ar-Risalah – No.38/th4 Jumadil Akhir – Rajab 1425 H / Agustus 2004 M

No comments:

Post a Comment